Minggu, 14 Januari 2018

MONGOLIAN CAMP SI KEMAH BINTANG LIMA DI LERENG GUNUNG SALAK

mongolian camp

Mongolian Camp
 – Penatnya bekerja di Jabodetabek memang membutuhkan relaksasi super santai. Untuk itu, pilihan kita biasanya berwisata yang tak jauh dari Jakarta, dengan suasana alam dan udara yang segar. Bogor dan Puncak memang selalu jadi pilihan karena lokasinya yang dekat. Juga bagi perusahaan, rekreasi menginap dengan keluarga besar disertai games biasanya salah satu agenda tahunan wajib. Selain hotel yang ada di bogor, villa di puncak, ingin berlibur di bogor, menginap kemana lagi?

Nah, ada lagi yang lain. Dengan komposisi orang yang banyak, saat ini ada kemah yang eksklusif.  Boleh menginap berdelapan dengan AC boleh juga sendirian. Tapi jangan bayangkan seperti kemah pramuka yang bertenda kecil dan sumpek sertai dicahaya oleh temaram lilin, kemah yang dibahas ini merupakan kemah kelas hotel bintang lima. Paling tidak, begitu kata Marketing-nya. Satu-satunya pula di Asia, katanya. Bagi keluarga, menginap di kemah ala bangsa Mongolia juga merupakan sensasi tersendiri kan?
Seperti apa dan dimana sih kemah ini?
Highland Park Resort mungkin tak begitu terkenal. Tapi Mongolian Camp satu-satunya di Asia Tenggara? Hmm ternyata brand ini lebih melekat. Apalagi banyak dari kita yang ingin mencari tempat dengan nuansa baru selain dari hotel biasa maupun villa. Resort yang memasang jajaran kemah ini juga pandai mencari lokasi strategis. Selain Gunung Salak, Curug Nangka tak jauh dari lokasi. Bisa berjalan kaki. Juga wisata Kuil Budha, dapat pula kita sambangi sembari menuju lokasi ini.
Rute Mongolian Camp Bogor
Rute menuju lokasi. Gampang kan?
Lokasi Mongolian Camp ini terletak di Kampung Sinarwangi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Lereng bukit yang menghadap ke Gunung Salak merupakan spot kemah-kemah ini, berjajaran puluhan tenda putih bulat yang menghadap langsung ke Gunung Salak. Wow, what a view! Menuju kemah ala Jenghis Khan ini mudah sekali. Masuk saja ke Kota Bogor dan cari arah ke Ciapus. Ikuti saja jalan sampai ketemu gerbangnya di sebelah kanan. Kira-kira 45 menit dari pusat kota Bogor.
Mari kita lihat dalamnya. Ternyata memasuki tenda ini, nuansanya seperti hotel. Dindingnya pun permanen. Yang membedakannya antara lain bentuknya yang bulat lingkaran sebagaimana tenda Mongol aslinya. Serta ranjang yang dihiasi tirai besar seperti aslinya pula. Langit-langitnya merupakan langit-langit kemah. Namun tenang saja, kemah ini ternyata hanya ornamen yang seperti tenda “instant”. Semua full permanen termasuk langit-langit yang tak terbuat dari terpal kok.
Kasur di Mongolian Camp Bogor
Ranjang yang diatasnya ada menjurai tirai-tirai
Mongolian Camp Room
Ternyata dindingnya semen loh bukan tenda biasa hehe.. gak tau kalau yg tipe standard sih. Ini yang  superior
Mongolian Camp Room Bogor
Langit-langit kemah
Fasilitas AC, Kamar mandi dan seterusnya sama dengan hotel. Ukurannya tenda berdiameter 5 meter dengan jumlah saat ini ada 28 Camp Standard, 4 Camp Deluxe, 16 Camp Superior dan 4 Camp Barack Superior. Semua ukuran kemahnya gak kelihatan bedanya walaupun ukuran deluxe dan superior sama, standard agak lebih kecil dan yang mencolok adalah tipe barak memang besar karena menampung banyak orang.
Mongolian Camp
Di ujung jauh terlihat camp berjajar memanjang yang tipe standard. Kiri bawah ada tipe deluxe, superior yang jumlahnya terbatas dan berbentuk memusat. Dan yang panjang adalah tipe barak. sumber : forumjuara.com
Mongolian Camp
“perkampungan” superior
Mongolian Camp
Tipe kemah barak.. tetap nyaman
Uniknya, tentu karena ini tenda, kita bisa membuka pintu dan berhadapan dengan puluhan tenda lain yang serupa. Jadi semacam berjalan di komplek komunitas suku Mongol atau kampung Indian ketika berjalan menyusuri tenda-tenda yang letaknya berdekatan. Bahkan di kelas deluxe, persis seperti perkampungan karena posisinya tidak berjajar memanjang seperti yang Standard.
Mongolian Camp
Nah ini kamera gw sendiri dari lantai dua restoran di main building
Selain Mongolian Camp yang merupakan tenda-tenda besar ala kaum nomaden Mongol di jaman dahulu kala yang terkenal itu, di Highland Park resort ini juga dilengkapi berbagai fasilitas. Misalnya tempat futsal, mini golf range, tempat outbond, flying fox, restoran, ballroom besar, ruang karaoke, billiard, pingpong, dart dan juga kolam renang. Oya kolam renang ini dibuat dengan konsep mini water-boom dengan perosotan yang memiliki dua tipe ketinggian. Patut dicoba! Anda juga bisa berjalan lebih ke atas untuk mendekati gunung Salak dan juga kandang Kuda yang tentu menawarkan sensasi ranch yang unik.
Mongolian Camp
Ini dia sensasi lain kemah dan outing persembahan bogor. sumber :gooutbond.com
Mungkin kelemahan Mongolian Park ini adalah lokasinya yang walaupun terbilang dekat, namun jalanannya sempit dan curam. Waktu ke lokasi ini, saya dan beberapa teman sampai deg degan apabila tiba-tiba berpapasan dengan kendaraan dari arah sebaliknya maupun ketika melihat jurang di kiri atau kanan jalan. Selain itu, harga perkamar tenda ini lumayan mahal jika kita membandingkan dengan harga kamar hotel. Maksudnya, selain ornamen tirai-tirai dan bentuk yang silinder, maka semuanya sama seperti di Hotel jika kita bandingkan fasilitas dalam kamar. Selain itu, jarak tenda standard yang “benar-benar” representasi mongolian camp cukup jauh dari tempat makan/resto dan gerbang utama. Lumayan juga hehe.
Mongolian Camp
Mari kita coba kesini.. pemandangan gunung salak, sensasi nginep di tenda, air terjun curug cinangka dan lain-lain. sumber : jelajah.valadoo.com
Mongolian Camp
Narsis dulu boleh yee.. cuaca nya emang gelap karena sudah sore tapi udara segar dan gunungnya menyajikan kabut yang membuat suasana makin adem
Jadi, jika perusahaan ataupun keluarga ingin sensasi lain untuk berwisata dan melepas lelah di sela kesibukan, maka tempat ini patut menjadi pilihan karena tawaran sensasi yang berbeda. Tak harus ke arah puncak, ke arah Ciapus juga dapat kita rasakan hawa sejuk dan nyaman untuk berakhir pekan bersama orang-orang terkasih.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar